Senin, 02 Juli 2007

Diklat Teknis E-Library

Tanggal 26 juni 2007 saya dihubungi untuk ikut membantu mengisi Diklat Teknis E-Library "Penerapan Layanan Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi (Pengelolaan Local Content Menuju Layanan Digital)" 27 - 30 Juni 2007.
Acaranya sendiri digelar di Hotel Inna Garuda, tapi saya dapat sesi "Praktek Penerapan IT Layanan Perpustakaan" hari Jum'at sesi 8 karena untuk praktek butuh lab komputer maka lokasinya menggunakan ruang komputer american corner. Pada awalnya saya agak keberatan juga ditawari acara ini, maklum disamping mendadak, kayaknya banyak yang lebih pakar........ tapi terus didesak, okelah akhirnya disanggupi.
Punya waktu sekitar dua hari saya coba gunakan untuk lembur membuat dan mengcostumasi software berbasis web. Software yang dibangun menggunakan php&mySql, software ini merupakan software opensource yang dikembangkan dengan bantuan komunitas IT perpustakaan. Akhirnya selama dua hari mengotak-atik ...dengan ditemani kopi hangat and laptop kesayangan yang udah banyak berjasa ...jadi juga software opensource-nya.
Software tersebut kita beri codename: "Pustaka System v1.0 OpenSource edition".
Sampai juga pada waktu sesi pelatihan..... sesi baru bisa dimulai jam 14.00 WIB habis makan siang, .... pasti ngantuk nich peserta. Tidak banyak teori saya sampaikan, peserta langsung saya ajak untuk ngotak-atik software yang sudah saya customize.
Software itu sendiri memiliki fitur: pengolahan data pustaka, termasuk koleksi digital dan Online Public Access Catalog yang berbasis web, disamping beberapa tambahan sistem biar lebih menarik. Software ini saya bagikan secara free kepada semua peserta.
Diluar dugaan saya..... ternyata peserta sangat antusias mengikuti sesi tersebut, mulai dari instalasi sampai operasional... mereka sangat respek. .....syukurlah.
Ternyata memang kebutuhan software untuk perpustakaan memang sangat tinggi, yah jika banyak yang membutuhkan ...saya berniat untuk meng-opensource-kan software yang telah saya customize tersebut.

Tidak ada komentar: